Pemkab Karawang Launching Vaksin PVC

Karawang,NJI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang terus menggencarkan percepatan vaksinasi Covid-19 terus.

Kini usai vaksinasi dewasa, anak dan ibu hamil, Pemkab Karawang melalui Dinas Kesehatan melaunching imunisasi PVC di Mall Karawang Central Plaza (KCP), Kamis (16/9/2021) pagi.

Wakil Bupati Karawang H.Aep Syaepulloh mengungkapkan, Pemkab Karawang mentargetkan herd immunity di akhir tahun ini, sehingga percepatan vaksinasi terus dilakukan. Selama ini, kata Wabup, sebagian besar yang diikutsertakan dalam program vaksinasi masih khusus untuk orang dewasa.

“Hari ini sudah dibuka program vaksinasi untuk bayi, balita, dan anak-anak sekolah,” terang Wabup.

Pada kesempatan itu Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Karawang, dr. Yayuk Sri Rahayu menjelaskan, imunisasi PCV ini diberikan untuk melindungi anak dari Pneumonia atau infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli).

Menurut Yayuk, Imunisasi PCV juga diberikan untuk mencegah penyakit Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Pneumokokus.Sebab Pneumonia bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa, anak-anak maupun bayi. Indikatornya menimbulkan gejala seperti demam, batuk serta kesulitan bernapas.

“Yang perlu diimunisasi PCV bayi usia 2 bulan (dosis pertama), 3 bulan (dosis kedua) dan 12 bulan (dosis ketiga) diberikan dengan disuntikan,” tandas Yayuk.

Kata Yayuk, pemberian imunisasi PCV ini aman diberikan bersama vaksin lain seperti DPT-Hb-Hib, sehingga tidak perlu khawatir untuk penyuntikan multi injection.

“Jadwal hari ini ada 3 bayi yang disuntik. 3 anak balita wisuda. 8 balita yang sudah imunisasi dasar lengkap dan lanjutan dan 8 anak sekolah yang sudah lengkap imunisasi anak sekolah,” pungkasnya.(BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *