Warga Desa Temiyangsari Merespons Positif Bantuan PKH Cair Setiap Bulan Selama Pandemi Corona

Indramayu,NJI – Peraturan Menteri Sosial (Permensos) No. 1 tahun 2018. Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial (bansos) bersyarat kepada Keluarga atau seorang miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin.

PKH ini antara lain bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial serta mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan.
“Pelaksana bansos PKH di Desa Temiyangsari Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu – Jawa Barat sebagai salah satu Desa yang Warganya menerima bantuan PKH sejak tahun 2014 dengan jumlah penerima bantuan 497 KPM, per April 2020 ini berjalan kondusif sesuai dengan SOP yang ditetapkan Kemensos.”Ujar pendamping PKH, Badawi dan Ria Anita.

Warga penerima bantuan PKH pun merespons positif dengan adanya bansos ini, berupa uang yang Mereka cairkan setiap 3 bulan (tribulan) sekali, Ibu Cirtem Warga Blok Karanganyar RT 006 RW 002 Desa Temiyangsari menuturkan, “Alhamdulillah sejak saya dapat bantuan PKH dari tahun 2014 sedikit bisa meringankan beban pengeluaran dapur, terutama untuk kebutuhan bulanan, apalagi sekarang aktivitas kerja suami terbatas karena wabah virus corona, dengan adanya bantuan ini saya merasa sangat terbantu dengan keadaan seperti ini.”Ungkapnya saat ditemui Wartawan Media Online News Justice Investigasi (NJI).

Saat ini, mulai bulan April 2020 Pemerintah menaikan anggaran bansos PKH sebesar 25% , mekanisme pencairan yang sebelumnya tribulan sekali kini menjadi setiap bulan selama darurat pandemi corona, kebijakan ini diambil oleh Pemerintah dalam rangka menyikapi wabah virus corona yang sedang merebak, agar keluarga pra sejahtera penerima bantuan PKH tidak merasa kesulitan akibat pembatasan aktivitas di luar rumah (lockdown) dan agar mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan dan asupan nutrisi dengan memanfaatkan pemasukan uang bulanan dari program PKH selama pandemi corona.

Dengan indeks bantuan sebagaimana SK Dirjen Linjamsoskel Kemensos RI Nomor.02/3/BS.02.01/4/2020 tanggal 2 April 2020 tentang indeks dan faktor penimbang Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dalam penanganan Corona Virus Disease 2019(Covid 19) tahun 2020 dengan rincian perkategori, Ibu hamil dan Anak usia 0-6 tahun Rp 250.000/bulan, Anak Sekolah SD/MI Rp 75.000/bulan, Anak Sekolah SMP/MTs RP 125.000/bulan, Anak Sekolah SMA/SMK/MA Rp 166.000/bulan, lanjut usia (lansia) 70 tahun keatas dan penyandang disabilitas berat Rp 200.000/bulannya. ( Yana BS )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *