Terkait Aspirasi Warga Desa Sekarwangi : DPRD Karawang, LBH Cakra dan Pertamina Sepakat Cek Lokasi ke Lapangan

Karawang,NJI – Komisi 3 DPRD Kabupaten Karawang melakukan audensi bersama Pertamina dan LBH Cakra sebagai perwakilan masyarakat Desa Sekarwangi Kecamatan Rawamerta, Jumat (5/11/2021).

Dalam audensi tersebut telah dibahas yang menjadi keluhan masyarakat atas keberadaan pengeboran minyak milik perusahaan BUMN Pertamina di lokasi Desa Sekarwangi.

Namun setelah melalui perdebatan yang panjang sampai menjelang magrib antara LBH Cakra dan pihak Pertamina, akhirnya terjadilah kesepakatan antara DPRD, LBH Cakra dan Pertamina melakukan cek lokasi ke lapangan dalam rangka untuk memastikan keluhan warga Sekarwangi tersebut.

Ketua Komisi 3 H.Endang Sodikin mengatakan, audensi ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan. Namun untuk audensi kali ini ada titik temu dari perbedaan pendapat tersebut dan terjadi kesepakatan antara DPRD, Pertamina, dan LBH Cakra untuk melakukan cek lokasi kelapangan. Hal ini terkait dengan keluhan masyarakat Desa Sekarwangi mulai dari soal infrastruktur, pengairan sawah, kebisingan dan yang lainya.

“Kami selaku dewan tentunya ingin memperjuangkan aspirasi untuk kepentingan hajat hidup orang banyak agar permasalahan ini cepat selesai,”ucap Endang Sodikin usai audensi.

Endang Sodikin merasa yakin pihak Pertamina akan akomodatif terhadap aspirasi warga Desa Sekarwangi.
Terlebih menyangkut soal CSR, pihak dewan berharap realisasi CSR juga bukan hanya sebatas seremonial saja, tapi harus ada buktinya yang memang bisa mengakomodasi beberapa desa yang berada disekitar pengeboran minyak tersebut.

Menurut Endang Sodikin, semestinya CSR itu harus berdampak pada masyarakat. Misalnya saja pihak Pertamina membangun Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mendidik dan melatih warga setempat agar memiliki ketrampilan atau bisa saja pihak Pertamina membangun sebuah sekolah dan dibranding CSR Sekolah Pertamina.

“Jika ini dilakukan oleh pihak Pertamina tentunya memiliki nilai manfaat untuk kepentingan masyarakat,”kata Endang Sodikin.

Endang Sodikin meminta seluruh stakeholder yang terkait dalam cek lokasi ke lapangan agar berperan serta bersama sama menjembatani aspirasi warga Desa Sekarwangi ini.

Sementara Head Omrel & CID zona VII Pertamina Wajirul Lutfi menyebutkan
Pihak Pertamina mengucapkan terimakasih atas mediasi dan undangan dari DPRD Karawang dalam audensi dengan masyarakat Desa Sekarwangi. Tentunya Pihaknya sangat menghargai perbedaan pendapat di ruang audensi ini yang menjadi keluhan warga.

Dikatakannya, melalui audensi ini pihaknya bisa menyampaikan yang sudah dilakukan dalam pengelolaan lingkungan dan perijinan yang diperlukan didalam proses pelaksanaan projek Pertamina di Desa Sekarwangi. “Kami juga sudah melakukan program CSR ketika projek tersebut berjalan,”ucapnya

Ia menandaskan, jika nanti masih ada perbedaan pendapat lagi saat cek lokasi ke lapangan, tolong dikomunikasikan agar mediasi ini berjalan lancar dan kondusif.

“Kita sudah sepakat untuk melakukan cek lokasi dan mendukung keputusan dewan,”paparnya.

Ia menambahkan, jika memang nanti dalam pengecekan lokasi kesimpulanya ditemukan atau tidak ditemukan ada dampaknya terhadap warga, pihaknya sangat menghormati apa yang sudah menjadi verifikasi dilapangan.

“Kita menghormati norma hukum yang dilakukan didalam proses penyelesaian dan mekanisme verifikasi lapangan,”katanya. (BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *