Ratusan Kepala Desa Ikuti Program PJDTS

Karawang,NJI – Di luar program pembangunan Pemkab Karawang, sekitar 100 orang kepala desa melakukan nota Kesepakatan (MoU) pemasangan lampu Penerangan Jalan Desa Tenaga Surya (PJDTS) dengan perusahaan milik swasta yaitu PT. Dhuhayu Sarana Mitra Tech. PJDTS itu sendiri merupakan program Desa Terang Indonesia.

Nota kesepakatan berlangsung di Rumah Makan Maman Desa Ciranggon, Minggu sore (24/10/2021).

Direktur Utama PT. Dhuhayu Sarana Mitra Tech Srimulyadi menyebutkan program desa terang yang digagas ini bukan sekedar berbasis penerangan jalan umum biasa, namun dilengkapi fasilitas internet yang sudah dikombinasikan dengan tekhnis dan aplikasinya didalamnya.

Ia berharap masyarakat desa kedepanya sudah mulai paham terhadap teknologi digital, sehingga tidak ada lagi ada keterbelakangan dalam menyerap akses informasi melalui dunia internet.

“Program PJDTS dapat dijadikan barometer untuk mendongkrak perekonomian desa yaitu mengoptimalkan peran Bum Des sebagai lahan bisni di desa,”tutur Srimulyadi.

Disampaikan, program PJDTS akan berjalan manakala desa tersebut sudah menerima penerangan jalan. Pihaknya meyakin nantinya roda penggerak ekonomi bisa bersumber dari masyarakat dan pemerintah desa.

Dijelaskan, Bum Des akan mendapat profit oriented dari akses basis internet yang sudah dipancarkan dan untuk itu pihaknya melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia layanan. Bum Des akan difasilitasi server, dimana server pusat tersebut yang mengolah data untuk membagikan, baik itu voucer, aplikasi atau hasil internet lainya.

Menurut Srimulyadi, jadi konten desa itu nantinya dapat diupload melalui aplikasi yang sudah dirancang. Tentunya setiap desa memiliki aplikasi yang berbeda, baik itu aplikasi transaksi pembayaran, anjungan desa atau pun konten konten lainya.

Ditambahkannya, dari program PJDTS pihak Bum Des akan membentuk para youtuber youtuber di wilayah desanya masing – masing yang dapat menghasilkan uang dari pihak Google, baik itu Bum Des maupun warga masyarakat.(BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *