Pemkab Minta Peringatan HPN Harus Jadi Refleksi Insan Pers Untuk Melawan Hoax

Karawang,NJI –¬†Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karawang menggelar Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Aula Husni Hamid Karawang, Selasa (9/02/2021).

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengungkapkan, peringatan HPN ini harus menjadi refleksi bagi insan pers di Karawang untuk melawan hoax dan menyebarkan informasi yang terpercaya kepada masyarakat.

Diuraikanya, wartawan memiliki peran penting dalam mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait perilaku hidup bersih dan sehat serta melawan hoax. “Hal ini sesuai dengan tema “PWI Karawang Mengedukasi Menuju Karawang Bebas Pandemi”, papar bupati.

Ditengah situasi pandemi covid 19 ,lanjut bupati, banyak berita-berita hoax yang harus diluruskan atau dijernihkan. Media massa harus bisa menjadi rumah pembersih dari berita- berita hoax.

Ia berharap sinergitas antara wartawan di Karawang dengan Satgas Covid 19 dalam percepatan penanganan covid 19 di Karawang dapat terus ditingkatkan.
“Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada insan pers Karawang yang telah bersama-sama berjuang mencegah penyebaran covid 19. Semoga PWI Karawang selalu tetap jaya,” terang Bupati.

Pada kesempatan itu Ketua PWI Karawang, Aep Syaepuloh mengatakan, selama pandemi ini, semua wartawan harus mengutamakan kesehatan dalam menjalani tugasnya. Sebab media massa memiliki peran strategis dalam penyampaian informasi dan edukasi kepada masyaraka ditengah pandemi covid 19 saat ini. “Tingkat kesadaran masyarakat terhadap pola hidup yang bersih dan sehat harus terus dibangun,”kata Aep Syaepuloh

Dijelaskanya, penyampaian informasi dan edukasi secara masif melalui media massa baik cetak, elektronik, maupun online, dapat membantu menekan penyebaran covid 19 di Karawang.
Pihaknya mengingatkan aspek kesehatan kepada wartawan saat peliputan. Wartawan juga harus benar-benar disiplin dan memberi contoh yang baik saat melakukan peliputan.

Ketua Pelaksana HPN Dodo Rihanto menambahkan, penyelenggaraan HPN 2021 berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Disebutkan, semua panitia yang terlibat terlebih dahulu melakukan tes usap/swab PCR di Labkesda. Sementara, peserta yang hadir harus terlebih dahulu menjalani rapid test antibodi yang telah disediakan di lokasi. Jika hasil non reaktif maka tamu undangan diperbolehkan masuk.

Sementara peringatan HPN 2021, PWI Karawang memberikan penghargaan bagi para pahlawan pejuang Covid-19. Penerima penghargaan tersebut yakni Bupati Karawang, Dandim 0604 Karawang, Kapolres Karawang, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Kepala BPN Karawang, Bank BJB, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Galuh Mas dan RS Lira Medika sebagai RS Swasta Penyedia Bed terbanyak untuk pasien Covid-19.

Penghargaan juga diberikan kepada dr. Nurmala Hasanah yang berjuang melawan Covid-19 dalm kondisi hamil. Lalu dr. Fitra Hergyana, Hendra Boim, tukang gali kubur yang tak kenal lelah pagi hingga malam, dan kepada ibu Sri Endah, Satgas Anti Rokok RSUD Karawang.(BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *