Pemkab Karawang Minta Partisipasi Perusahaan Untuk Penghijauan

Karawang,NJI –┬áMemasuki musim penghujan tahun ini,Pemkab Karawang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan telah menyebar sebanyak 15 ribu pohon dari 3 jenis pohon buah ke sejumlah kecamatan yang masuk kategori butuh penghijauan. Penyebaran pohon tersebut salah satu upaya untuk mengisi ruang terbuka hijau (RTH).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 15 ribu pohon yang berasal dari bantuan perusahaan dan APBD.

“Ada beberapa kecamatan yang masih membutuhkan pohon untuk RTH,” ucap Wawan Setiawan, Jumat (22/10/21).

Disebutkan, Kabupaten Karawang masih membutuhkan ribuan pohon lagi untuk Ruang Terbuka Hijau yaitu sebesar 69 persen RTH dari yang ditentukan undang-undang yakni sekitar 30 persen dari luas wilayah. Menurut nya, RTH itu terbagi dua yaitu RTH untuk publik dan RTH pribadi.

“Jika kita lihat, Karawang memiliki banyak area persawahan dan itu masuk RTH pribadi,” tandasnya.

Dijelaskan, pihaknya sangat membutuhkan bantuan CSR perusahaan karena baru sekitar 10 persen CSR perusahaan untuk sektor lingkungan. CSR perusahaan mayoritas fokus terhadap bidang pendidikan dan kesehatan. Untuk itu pihaknya menganggarkan dari dana APBD.

Diakui Wawan, perusahaan yang turut partisipasi dalam mendukung penanaman pohon masih terbilang sedikit. Terlebih, jumlah perusahaan di Karawang yang mencapai 1500 perusahaan,tapi yang aktif menanam pohon jumlahnya masih puluhan perusahaan.

” Kita akan terus lakukan komunikasi secara intens dengan perusahaan agar mereka peduli terhadap penghijauan,”pungkasnya.(BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *