Pemkab-Dandim Ikuti Rakor Pengendalian Transportasi Provinsi Jawa Barat Idul Fitri 1442 H

Karawang, NJI – Pemerintah Kabupaten bersama Kodim 0604 Karawang
mengikuti arahan dalam rapat koordinasi pengendalian transportasi Provinsi Jawa Barat pada masa Idul Fitri 1442 H secara virtual bertempat di Command Centre Makodim 0604 Karawang, Kamis (29/04/2021).

Kegiatan tersebut diikuti Menteri Perhubungan dan Kepala BNPB melalui virtual sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan dalam rapat koordinasi dengan kepala daerah se- Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan persoalan pandemi Covid-19 merupakan sesuatu yang mengerikan yang terjadi di beberapa negara seperti halnya di India akhir-akhir ini. “Di India misalnya, lonjakan yang sangat tinggi terjadi setelah melakukan kegiatan keagamaan yang luar biasa,”ucap Menhub.

Menhub memaparkan, seiring dengan SE No.13 Tahun 2021 masa pengetatan mudik terbagi 3 periode yaitu Pengetatan Mudik (Pra) terhitung mulai tanggal 22 April-5 Mei 2021; masa peniadaan mudik mulai tanggal 6 Mei-17 Mei 2021 dan masa pengetatan mudik (Pasca) berlaku mulai tanggal 18 Mei-24 Mei 2021. Semua unsur yang bertugas perlu memiliki pemahaman dan presepsi mengenai ketentuan pelarangan mudik.

Kesepahaman mudik ini, lanjutnya bukan hanya mobilitas masyarakat dari daerah yang berbeda namun juga di dalam daerah itu sendiri.

Sementara kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan kasus aktif di Indonesia pada bulan April ini telah mengalami penurunan sebesar – 43,11% yaitu dari 176.672 menjadi 100.502.

Menurut Doni, jangan ada narasi yang berbeda terkait mudik lebaran dengan narasi yang disampaikan Presiden pada rakornas kemarin. Menurutnya harus ada pendekatan terhadap orang tua dan keluarga di kampung halaman baik oleh anggota keluarga yang ada di perantauan, lingkungan bahkan tokoh sehingga terjadi pengertian, ” Paparnya.(BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *