Musrenbangkab Prioritaskan 3 Program Pembangunan Tahun 2022

Karawang,NJI – Pembangunan Kabupaten Karawang tahun 2022 mendatang yang menjadi skala prioritas menitikberatkan pada penanganan pandemi covid 19, pemulihan ekonomi dan penguatan jaring pengaman sosial (JPS)

.”Program prioritas ini harus objektif, terukur output dan outcomenya, serta memberi banyak manfaat untuk kesejahteraan masyarakat,”ungkap Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana melalui Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh S.E mewakili saat acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Karawang tahun 2021 di Lantai 3 Gedung Singaperbangsa, Komplek Pemda Karawang, Selasa (16/3).

Diakui Wabup, visi misi kepemimpinannya untuk lima tahun ke depan ada lima program prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan, meliputi pertama program peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Kedua, program penguatan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi lokal serta ekonomi kreatif.

Ketiga, program lingkungan hidup yang berkelanjutan, peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim.

Program prioritas keempat meliputi pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya.

Ke lima, program penguatan infrastruktur penunjang untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.”Visi misi ini akan disempurnakan dan dijabarkan secara rinci dalam RPJMD Kabupaten Karawang tahun 2021-2026,” urai Wabup.

Ia menandaskan, melalui Musrenbangkab dapat mesinergikan antara aspek perencanaan dan penganggaran. Kedu,a aspek ini harus mendapat perhatian yang seimbang agar memberikan hasil pembangunan seperti apa yang diharapkan bersama, untuk mewujudkan Karawang mandiri, bermartabat, dan sejahtera untuk semua.

Menurut Wabup, RKPD 2022 harus dirumuskan secara cermat dengan memperhatikan berbagai permasalahan yang mendesak untuk diselesaikan, terutama terkait pelayanan dasar masyarakat. Dengan demikian dapat memberi input terhadap pengambilan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran, dan memberikan dampak nyata bagi pembangunan daerah.

Hal senada juga dikemukakan Kepala Bappeda Asip Suhendar menambahkan musrenbangkab tahun 2021 ini untuk memantapkan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Karawang tahun 2022. Menurutnya, melalui Musrenbangkab ini menyatukan satu persepsi dan bersinergi antar jajaran instansi terkait untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Karawang yang lebih baik.

Sementara musrenbangkab ini dilaksanakan secara tatap muka dan virtual dengan jajaran Forkompinda, Kepala OPD, DPRD serta instansi terkait lainnya.(BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *