Lantik 266 Bintara Polri,Wakapolda Sumbar Bacakan Sambutan Kapolri 

Sumatera Barat,NJI – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Wakapolda Sumbar) Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si melantik 266 siswa bintara Polri menjadi anggota Polri, Senin (28/6) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sumbar.

Pelantikan ini, ditandai dengan pelepasan tanda pangkat siswa menjadi pangkat efektif Brigadir Polisi Dua (Bripda) oleh Wakapolda Sumbar. Kemudian pengambilan sumpah menjadi anggota Polri.

Pada kesempatan itu, Brigjen Pol Edi Mardiyanto membacakan sambutan Kapolri yang menyampaikan ucapan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2020/2021, yang pada hari ini secara resmi dilantik menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua.

“Dengan berakhirnya program pendidikan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara sebanyak 11.198 orang, terdiri atas 10.638 polisi laki laki dan 560 polisi wanita. Hal ini tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal,” ucap Wakapolda.

Dikatakan, melalui penambahan jumlah personel ini, diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin luas, dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Mulai hari ini, pada diri saudara-saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata dan perilaku hidup, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat,” ujarnya.

Lanjut Wakapolda, apa yang telah dicapai pada hari ini bukanlah akhir dari perjuangan saudara-saudara sekalian, melainkan awal pengabdian nyata sebagai insan Bhayangkara.

“Oleh karena itu, bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai dan banggakan,” katanya.

Kepada siswa yang baru dilantik menjadi anggota Polri tersebut, mereka merupakan garda terdepan pelaksanaan tugas Polri di lapangan yang akan berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kehadiran saudara akan menjadi cerminan layanan Polri secara keseluruhan. Saya berharap saudara mampu merubah wajah Polri menjadi Polri yang memenuhi harapan masyarakat, Polri yang memenuhi harapan rakyat dengan berorientasi kepada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan, menghormati hak asasi manusia serta mengawal proses demokrasi,” ujarnya.

Pelantikan dan penutupan pendidikan Bintara Polri ini berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yang dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, Wakapolres se-jajaran Polda Sumbar.(*)mp/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *