Kemenkomarves dan Kemen PUPR Berikan Bantuan 3TPST Untuk Karawang

Karawang,NJI – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang memberikan bantuan kepada Pemkab Karawang berupa
Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) untuk tiga lokasi.

Rencananya TPST tersebut akan dibangun tahun 2021 ini yakni 2 TPST di Kelurahan Mekarjati, Karawang Barat dan Desa Cirejag, Jatisari yang akan dikelola secara konvensional.

“Khusus TPST RDF di Desa Jayakerta yang memiliki kapasitas 30-50 ton per-hari,” sebut Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dalam unggahan intagramnya, Selasa (7/9/2021) siang.

Disampaikanya, persoalan sampah menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Karawang untuk 5 tahun ke depan. Sebab populasi masyarakat Karawang hampir mencapai 1500 per hari sampah yang harus dibersihkan.

Diakuinya, walaupun baru sekitar 46,3 persen yang sudah diakomodir karena terkendala beberapa hal teknis yang harus difokuskan dalam masalah ini.

Namun ia berharap secara bersama sama untuk menjaga lingkungan wilayah Karawang pasti bisa dilaksanakan.

Sementara postingan Bupati tersebut diunggah usai mendampingi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI Luhut Binsar Panjaitan saat mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cicabe Kota Bandung.

Kunjungan kerja Menko Marves tersebut untuk meninjau progres Program Citarum Harum.”Kami mengapresiasi hasil kinerja para petugas yang bekerja dalam Program Citarum Harum,”ujarnya dalam lawatannya ke Bandung seraya menyambangi sejumlah titik, salah satunya eks TPA di Cicabe, Mandalajati.

Dijelaskan, setelah hampir dua tahun pihaknya agak terhenti karena covid ini. Awalnya target kita cemar sedang, tadi cemar ringan, sehingga programnya berjalan sangat baik. Pihaknya berharap hal ini dapat dituntaskan, terlebih dapat dukungan dari gubernur dengan semua tim, dukungan Kapolda, Pangdam dan Komandan Sektor yang menurutnya sangat membantu sehingga apa yang dia lihat tadi masih bisa berkembang,(BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *