Dirgahayu Milad ke-61, PMII Terdepan Dalam Kemajuan

PMII sebagai organisasi pergerakan mahasiswa independent dengan tujuan menciptakan kader-kader bangsa yang bergerak untuk membela kaum mustadhafin serta membangun bangsa yang lebih maju. PMII merupakan Badan Otonom NU yang terlahir dari Departemen Perguruan Tinggi NU,resmi berdiri pada tanggal 17 April 1960 (17 Syawal 1379 H) di Surabaya dengan ketua pertamanya bernama Mahbub Djuanaidi.
PMII lahir karena menjadi kebutuhan dalam menjawab tantangan zaman dengan hasrat kuat Mahasiswa NU untuk membentuk organisasi mahasiswa yang berideologi Ahli Sunnah Waljamaah (ASWAJA).

Penyebab berdirinya PMII:
1. carut marut situasi politik bangsa Indonesia tahun 1950-1959
2. Ketidakjelasan sistem pemerintahan dan perundang-undangan yang ada
3. saling melebur antara NU dengan Masyumi
4. ketika PSI dan Masyumi dibubarkan,Bung Karno meminta NU untuk mendirikan organisasi mahasiswa islam di Indonesia
14 Juli 1971 dalam Mubes di Munarjati PMII mendeklarasikan Independensi bahwa PMII tidak terikat secara struktural dengan organisasi manapun yang disahkan tahun 1973 di Ciloto sehingga terwujudlah Manifest Independensi PMII. Independensi ini muncul karena adanya pergejolakan dalam sistem perpolitikan Indonesia yang dibutuhkan sebuah pemikiran realistis. Sedangkan Interdependensi PMII,yaitu yang menghubungkan PMII dan NU hanyalah sebatas amaliyah dan ideologi ASWAJA.

Trilogi PMII :
1. Motto PMII,yaitu dzikir,pikir.amal sholeh
2. Tri Komitmen PMII,yaitu Kejujuran Kebenaran dan Keadilan
3. Tri Khidmat PMII,yaitu Taqwa,Intelektualitas,Profesionalitas.@jieb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *