Bupati Cellica Berikan Wejangan Kepada Kades Terpilih yang Baru Dilantik

Karawang,NJI – Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana secara resmi melantik para kades terpilih hasil kontestasi pilkades 177 desa, bertempat di halaman kantor bupati,Jumat (23/04/2021). Pelantikan berjalan kondusif dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Bupati Cellica memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah sukses membantu Pemkab Karawang dalam menyelenggarakan hajat demokrasi pilkades secara serentak di tengah situasi pandemi covid 19.

Pada kesempatan itu Bupati Cellica memberikan wejangan kepada kades yang baru dilantik.

Menurut Bupati Cellica, hal hal yang harus menjadi perhatian oleh kepala desa yang baru dilantik antara lain :

Pertama, seorang kepala desa harus rajin turun ke lapangan. Untuk itu pastikan semua kegiatan program yang tepat sasaran karena seluruh kegiatan program itu langsung turun ke desa dan dikelola oleh desa. Sebab hal ini akan berpengaruh besar terhadap tingkat kepercayaan masyarakat pada kinerja seorang kepala desa.
“Semakin baik pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, kepercayaan masyarakat akan bertambah besar, sehingga seorang kepala desa semakin mudah menggerakan swadaya dan semangat gotong royong warga untuk melaksanakan pembangunan dan akan terwujudlah desa desa mandiri diseluruh wilayah Kabupaten Karawang,”papar bupati.

Kedua, lanjutnya, seorang kepala desa senantiasa mengedepankan semangat dan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas. Artinya seorang kepala desa harus melakukan gerakan inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Diketahui, potensi desa masing masing berbeda dan karakteristik desa juga masing masing berbeda. Sehingga hanya kepala desa lah yang mengetahui inovasi inovasi yang akan diberikan ke masing masing desa, dan dinilai mampu menjadi representasi masyarakat atau menjadi mercusuar pembangunan yang tentunya harus diarahkan kepada upaya percepatan terwujudnya visi misi Kabupaten Karawang.

Ketiga, seirang kepala desa harus bekerja secara profesional, dedikasi, loyalitas sepenuhnya bagi kemakmuran masyarakat dan kemajuan desa tanpa memandang aspek apapun. “Layani masyarakat dengan sepenuh hati, setulus hati meskipun tetap harus mengedepankan sikap penuh kehati hatian,”kata bupati.

Keempat, seorang kepala desa harus melakukan pengawasan terhadap petugas pemungut Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), sehingga SPPT,PBBT2 benar benar sampai ke wajib pajak.

Kelima, seorang kepala desa harus me rajut ,tenun terus semangat dalam satu kebhinekaan ditengah tengah masyarakat dan dapat menciptakan keamanan, ketertiban masyarakat senantiasa dalam situasi kondusif.Jadi menurut bupati, tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan. Semua persoalan dapat diselesaikan dengan baik. Setiap persoalan jangan langsung dibawa ke kabupaten dan cukup dikomunikasikan dan diselesaikan didesa. Kita ciptakan suasana yang damai dan kondusif.

Keenam, sebagai kepala daerah tidak menghendaki seorang pun kepala desa yang hari ini dilantik terjerat masalah hukum karena menyalahgunakan dana desa ataupun hal hal lain yang bertentangan dengan regulasi yang berkenaan dengan tugas, fungsi maupun kode etik yang harus dijunjung tinggi oleh seorang kepala desa.

Ia berharap, sesama kepala desa satu sama lain senantiasa berkompetensi dalam mempercepat kemajuan keberhasilan pembangunan di desa masing masing, baik itu antar desa dalam satu kecamatan maupun dengan desa di kecamatan lain yang ada di wilayah Kabupaten Karawang. “Jadikan desa masing masing minimal memiliki satu keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatip yang bisa dibanggakan,”ucap bupati.

Kedelapan, bupati mengintruksikan agar kepala desa segera bertindak cepat dalam mendukung kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dalam percepatan penanggulangan covid 19.

Kata bupati, setiap desa segera menentukan langkah langkah kebijakan strategis penanganan covid 19 bisa lebih cepat di setiap desa dan warga tidak resah. Mulai pertanggal 1 Mei 2021 kita selesaikan kerja sama dengan pihak hotel untuk merawat pasien OTG. Kita akan optimalisasi untuk ppkm yang ada di desa masing masing. Karena kita membayar hotel setiap bulanya hampir sebesar 8 milyar. Untuk itu perlu kerja samanya dari kades terpilih guna mengoptimalisasi ppkm, termasuk teman teman isolasi mandiri mulai dari tingkat RT hingga RW.

Sementara acara pelantikan kades yang baru dilantik dihadiri Wakil Bupati H.Aep Saepulloh dan seluruh jajaran unsur muspida Kabupaten Karawang. (BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *