BLK Kabupaten Tojo Una una Dipersiapkan Untuk Rumah Sakit Covid – 19

TOUNA, Newsjusticeinvestigasi.com – Guna untuk pencegahan dan memutuskan penyebaran wabah COVID 19 di kabupaten Tojo Una una, sulawesi Tengah, hingga kini 16/4, tercatat sebanyak 737 orang yang telah di lakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim Medis Rumah Sakit Ampana, dan sebanyak 415 orang yang masih dalam pemantauan daru jumlah sebanyak 1.148 orang, demikian di ungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Tojo Una una,sulawesi Tengah Dra Jafanet Alfari M,Kes.

Sementara itu untuk ODP tercatat sebanyak 12 orang, dengan rincian, adalah 7 orang di nyatakan sudah selesai masa ODP, dan 5 orang masih status isolasi mandiri. Dan untuk PDP terdapat ada 4 orang, dan 1 orang di antaranya isolasi mandiri, serta ada 3 orang sudah di periksa kesehatanya dan di nyatakan bukan COVID 19.
Diapun mengatakan tindakan dan langkah – langkah yang telah di lakukan dalam pencegahan dan memutuskan penyebaran COVID 19, di Bumi Sivia Patuju, kabupaten Tojo Una una Sulawesi Tengah, sebelum adanya Maklumat Kapolri, telah di lakukan tindakan penyemprotan secara serentak, dan di bentuknya Posko Posko kesehatan yang bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan se wilayah kabupaten Tojo Una una, dengan menyiapkan APD,pengukur suhu Badan, dan Vitamin,serta beberapa kebutuhan lainnya yang diperlukan,” sebut Jafanet Alfari.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, terkait dampak COVID 19, Pemerintah Kabupaten Tojo Una una, saat ini telah mempersiapkan Balai Latihan Kerja ( BLK ) Touna, sebagai Rumah Sakit COVID 19. Dan oleh karena itu saat ini telah di siapkan sarana dan prasarananya,serta para Tenaga Medisnya, termasuk juga ada 2 ( dua) Rumah Sakit yang berada di wilayah kepulauan,” tandas Jafanet.

Selain itu dalam rangka upaya melakukan tindakan pencegahan dan memutuskan penyebaran wabah COVID 19, Dinas Kesehatan kabupaten Tojo Una una,Sulawesi Tengah telah menyiapkan Anggaran sebesar 4 Milyar rupiah. Dan Dinkes Tojo Una una berupaya dengan semaksimal mungkin untuk melakukan tindakan kerja nyata, demi mengantisipasi dan memutuskan penyebaran wabah COVID 19 terhadap warga masyarakat Tojo Una una, termasuk memprioritaskan pemeriksaan kesehatan terhadap warga dari Luar Daerah yang datang berkunjung di Kabupaten Tojo Una una. ( Darma ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *