Pelabuhan Patimban Telah Resmi Dibuka, PT. Intan Pulo Mas Beri Selamat

Subang, NJI – Pelabuhan Internasional Patimban telah resmi dibuka operasionalnya, sejak kemarin pelabuhan yang terletak di Pesisir Pantai Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat ini telah melakukan operasi perdananya.

Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam pernyataan Soft Launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban tersebut menegaskan, ” Pelabuhan Patimban ini berfungsi untuk memperkuat Pelabuhan Tanjung Priok – Jakarta yang sudah padat, dan Pelabuhan ini memiliki peran penting dan strategis dalam upaya peningkatan ekonomi Jawa Barat, juga untuk menopang percepatan Ekspor otomotif ke pasar global serta mendukung Eksport produk lainya sehingga mampu bersaing di pasar global. Dan akhirnya Pelabuhan Patimban saya nyatakan hari ini dibuka dan siap digunakan.

“Dengan mengucapkan ‘bismillah’ Saya nyatakan Pelabuhan Patimban siap dan bisa digunakan,” Ucapnya Presiden. Minggu 20/12/2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan dalam operasi perdananya, ” Pelabuhan Patimban mengangkut 140 mobil untuk dilakukan ekspor pertama dari sebanyak 140 unit mobil Toyota, Daihatsu, dan Suzuki dengan kapal Suzuka Express dengan tujuan Brunei Darussalam,” kata Budi Karya saat memberi sambutan langsung di Pelabuhan Patimban, akan disinergikan operasionalnya dengan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.

Hal ini dilakukan untuk mendorong efisiensi biaya dan waktu pengiriman logistik, ke depan ini (Pelabuhan Patimban) akan disinergikan dengan Tanjung Priok sehingga bisa mendorong efisiensi waktu dan biaya logostik dan efisieni waktu dan biaya, sebagai informasi, ratusan mobil yang diekspor hari ini dikirim menggunakan Kapal MV. Suzuka Express yang berbendera Panama. Kapal ini dimiliki PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dan akan mengekspor mobil untuk tujuan Brunei Darussalam.
Kapal itu memiliki berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m. Kapal juga memiliki speed (heading) 14.6 Knots. ” ungkapnya.

Dan menurut Direktur Utama PT. Intan Pulo Mas, H. Nuryadi, menjelaskan, ” Pelabuhan Patimban yang dibangun dengan kapasitas 2,74 Juta TEU diatas lahan sebanyak 300 hektar dengan total dana diperkirakan sebesar 43,22 Triliun rupiah itu adalah Pelabuhan Internasional yang sebenarnya akan tetapi hanya sekedar Pelabuhan penopang saja, insya allah rencana Kami membangun Pelabuhan Internasional di Kabupaten Indramayu yang letaknya diperkirakan di Wilyah Kecamatan Kandanghaur atau Losarang Kabupaten Indramayu – Jawa Barat.

Dan Kami Segenap Crew PT. Intan Pulo Mas mengucapkan, ‘Selamat atas peresmian Pelabuhan Internasional Patimban’. ” Ungkapnya. Senin. 21/12/2020. (Yana BS/NanaS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *