Pemkab Karawang Sudah Bangun 12 Lumbung Pangan Masyarakat

Karawang,NJI – Pemerintah Kabupaten Karawang sampai saat ini sudah membangun Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) sebanyak 12 lumbung.

Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana menyampaikan saat ini, baru ada 12 LPM yang sudah berdiri untuk ketahanan pangan. Oleh karena itu, pihak pemkab mentargetkan ke depannya agar setiap kecamatan memiliki LPM untuk menjaga ketahanan pangan.

” LPM ini sangat penting. Selain menjaga ketahanan pangan, LPM bisa mengantisipasi anjloknya harga, saat-saat genting seperti paceklik,” ucap bupati saat peletakan batu pertama Pembangunan LPM Gapoktan Sumbertani di Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur,
Rabu 28 April 2021.

Dikatakanya, keberadaan LPM sebagai cadangan pangan masyarakat sangat penting untuk menjaga ketersediaan dan akses pangan masyarakat khususnya bagi para petani, yang peranannya sebagai penyedia pangan juga sekaligus merupakan konsumen pangan.

Kata bupati, keberadaan LPM sangat membantu masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Sebab status Karawang sebagai lumbung padi Jawa Barat dan pusat ketahanan pangan nasional harus dipertahankan.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Karawang, Kadarisman menegaskan, keberadaan LPM selain menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat desa, juga sebagai upaya untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Kadarisman, dana yang digunakan untuk membangun LPM berasal dari  Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 1,5 miliar. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk pembangunan gudang, lantai jemur, rumah untuk mesin penggilingan padi serta pembelian alat mesin pertanian (alsintan).

“Ada tiga gapoktan yang dibantu yakni Gapoktan Sumbertani Tegalsawah, Gapoktan Sekarwangi Mulya Sejati, dan Gapoktan Tanimulya Tambaksumur Tirtamulya yang dapat bantuan,” tandas Kadarisman.

Salah seorang Ketua Gapoktan Sumbertani, Sariman mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Karawang yang telah mendukung Gapoktan Sumbertani. “Keberadaan LPM dapat membantu masyarakat”imbuhnya. (BOB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *