PT.Wana Rindang Lestari, Diharapkan Menjadi Agen Pembangunan

Touna,NJI – Direktur Exekutive PT.Wana Rindang Lestari.Dr.Kartika Antono, menekankan dalam gelar sosialisasi di Desa Tojo,kecamatan Tojo kabupaten Tojo Una una Sulawesi Tengah ( 21/1) 2020, bahwa ekspansinya Perusahaan di wilayah ini dalam rangka pengelolaan Hutan Tanaman Industri
( HTI), dengan luas lahan perkebunan mencapai 61 000, Ha di kawasan Hutan Desa Tojo dan sekitarnya, dan sebahagian masuk di kawasan Hutan Desa Malino kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.
Menurut Dr.Kartika Antono,bahwa sosialisasi yang di gelar kali ini,merupakan pelaksanaan sosialisasi yang ke 5( lima), dengan demikian di harapkan kepada kita sekalian ,tentu dapat menghasilkan dan mempersatukan terkait permasalahan permasalahan yang menjadi hak masyarakat dan kewajiban pihak perusahaan, untuk senantiasa dapat dilaksanakan ,serta dapat diproses sesuai dengan ketentuan- ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku, ” sebutnya.

Dia juga mengatakan bahwa, PT. Wana Rindang Lestari,telah mendapatkan ijin usaha dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada tahun 2014, yang lampau, dan sebelumnya di tahun 2013, terkait tentang penyusunan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Terkait kegiatan pengelolaan Hutan Tanaman Industri ( HTI), dari jumlah luas lahan 61 Ha tersebut seluas 2/3 di peruntukan kepada kegiatan perkebunan, yang antara lain , perkebunan kelapa Hibrida, kakao,kopi, dan perkebunan tanaman produktif jangka panjang lainnya, termasuk juga di bidang peternakan. Dan kemudian untuk jumlah dari 1/3 luas lahan tersebut akan di lakukan sebagai lahan Konservasi, ungkap Dr. kartika Antono.

Selain itu dia memaparkan bahwa dalam rencana program dan kegiatan ke depan yang akan dilaksanakan pihak perusahaan PT.Wana Rindang Lestari ialah akan membentuk koperasi warga setempat,dan tentunya menciptakan kerja sama, termasuk membangun kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat, dan ia pun menekankan bahwa, pihak Perusahaan tidak akan menzalimi warga Desa Tojo dan sekitarnya. Karena pada hakekatnya Pihak Perusahaan bertujuan untuk melakukan pengelolaan Hutan Tanaman Industri ( HTI) ,adalah dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas lahan, dan konservasi hutan, serta secara umum tentu akan meningkatkan kesejateraan masyarakat, dan pembinaan ,serta pemberdayaan masyarakat setempat, sebagaimana , amanat undang undang nomor 41, tahun 1999, tentang kehutanan. ( Darma Perwakilan NJI Sulteng).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *