Jenderal Pol (Purn) Prof.Dr.Awaloedin Djamin,MPA Wafat di Usia 92 Tahun

Jakarta, NJI – Suasana duka kembali menyelimuti Keluarga Besar Kepolisian Republik Indonesia. Mantan Kapolri tahun 1978-1982 Jenderal Polisi (Purn) Prof, Dr. Awaloedin Djamin. MPA kelahiran Padang, 26 September 1927, tutup usia di 92 tahun, almarhum wafat di RS. Medistra pada pukul 14.55 karena sakit yang dideritanya, Kamis, (31/01/2019).

Jenazah Jendral (Purn) Awaloedin Djamin rencana akan dimakaman di TMPNU Kalibata, blok P 148 B, pada Jumat, 1 Februari 2019, pukul 13.00 WIB.

Malam ini, kediaman alamarhum di Jl Daha III No.7 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, dipenuhi karangan bunga dari sejumlah pejabat Polri dan kolega almarhum.

Tampak hadir sejumlah pejabat negara dan pejabat Polri yang menyempatkan waktu melayat di rumah duka. Beberapa tokoh yang terlihat di rumah duka, antara lain Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (Menpan RB) yang juga mantan Wakapolri Komjen Syafruddin, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat.

Jenderal Polisi Purn Awaloedin yang dikenal sebagai bapak Satpam Indonesia ini merupakan lulus anggota Bhayangkara pada 1955.

Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, Kapolri Jenderal Tito Karanavian akan memimpin langsung upacara pemakaman alamarhum, Jumat besok.

“Insya Allah besok akan dikebumikan di TMP Kalibata dengan Inspektur Upacara Kapolri. Almarhum sebelumnya dikebumikan akan disemayamkan dan disholatkan di Masjid PTIK,” ujar Iqbal.

Lanjutnya, Polri turut berduka cita atas meninggalnya mantan Kapolri tersebut. Ia mewakili Polri sangat berterima kasih atas jasa-jasa Awaloedin untuk Polri.

“Polri turut berduka karena beliau banyak berjasa mengabdi untuk Polri, karena pemikirian-pemkkiran beliau banyak disumbangkan untuk kemajuan Polri,” pungkasnya. ***(mnc/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *