Polda Metro Jaya Tangkap Kawanan Perampok Spesialis Minimarket

Jakarta, NJI – Komplotan spesialis minimarket ditangkap Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dua dari empat tersangka ditembak lantaran melawan saat ditangkap terpisah di kawasan Jakarta Timur dan Bogor. Dari hasil pemeriksaan kawanan garong ini sudah merampok 14 minimarket di wilayah Jabodetabek.

Keempat tersangka, A,40, I, 45, K, 39 dan R, 41 masih dilakukan pemeriksaan intensif oleh penyidik Subdit Resmob. Dari mereka petugas menyita 2 pistol airsoft gun, golok, handphone dan motor scoopy B 3938 TSK.

“Mereka menyasar minimarket yang buka 24 jam. Setiap beraksi mereka selalu membawa senjata tajam. Dan tak sungkan melukai para korbannya yang melawan,” kata Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary, didampingi Kasubdit Resmob AKBP Aris Supriyono, Kamis (24/5).

Dikatakan, dalam menjalankan aksinya komplotan ini terlebih dulu survei lokasi target terencana dan berbagi tugas. “Ada yang bertugas sebagai sopir, eksekutor, menodong korban, memantau dan menyediakan pistol aorsoft gun,” ujar AKBP Ade Ary.

AKBP Ade Ary menjelaskan, ketika beraksi para pelaku berpura-pura seperti konsumen berbelanja dengan tujuan untuk mengetahui situasi di dalam minimarket tersebut.

“Ketika keadaan di dalam toko sepi pembeli tersangka memanggil rekannya lain yang sudah bersiap di luar. Selanjutnya menodongkan senjata ke arah karyawan toko dan meminta karyawan membuka laci dan brankas uang,” pungkas AKBP Ade Ary.

Ke-14 minimarket yang dirampok, diantaranya di kawasan Utan Kayu 2, Jalan Utan Kayu Raya No. 69 D, Kel. Utan Kayu Utara, Kec. Matraman, Jakarta Timur, Jalan Raya Lapangan Tembak, Cibubur, Jakarta Timur, Jalan Raya RTM NO. 8 Rt. 004/011 Kel. Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok. Kemudian minimarket di Kramat Jati, Jakarta Timur, Pasar Induk, Jakarta Timur, Jagakarsa, Jakarta Timur, Fatmawati, Jakarta Selatan, Jatiasih, Bekasi, dll.(mcp/@iz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *